jasa desain ruang dalam dan ruang luar. rumah, bangunan, perabot
+ Jasa Pasang KANOPI PVC Premium + Tukang Kanopi Berpengalaman

Pekerjaan Urugan dan Pemadatan

Pekerjaan Urugan dan Pemadatan: Di sini, kita akan membahas tentang pekerjaan pengurugan dan pemadatan tanah dengan syarat khusus, di mana tanah hasil urugan akan digunakan sebagai pondasi untuk menopang beban.


Lingkup Pekerjaan:

1. Pekerjaan ini mencakup segala hal yang diperlukan, seperti tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan, dan alat bantu, untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

2. Pekerjaan ini mencakup semua detail yang tertera di gambar atau sesuai arahan dari "Pengawas."

3. Setelah galian dilakukan, seluruh sisa tanah yang tidak digunakan untuk penimbunan dan penutupan harus dibersihkan dan dibuang dari lokasi pekerjaan. Semua biaya untuk ini menjadi tanggung jawab dari "Kontraktor."



Bahan-bahan:

1. Jika tidak tertera dalam gambar detail, maka minimal harus disediakan lapisan urugan pasir padat setebal 10 cm (setelah disiram, diratakan, dan dipadatkan) di bagian atas urugan yang berada di bawah plat-plat beton bertulang, beton rabat, pondasi dangkal, tie beam, dan pile cap.

2. Urugan yang digunakan di bawah lapisan pasir padat tersebut harus berasal dari tanah jenis silty clay yang bersih, tanpa potongan bahan-bahan yang bisa membusuk atau batuan yang besar-besar (maksimal ukuran 15 cm).

3. Semua bahan urugan yang digunakan harus yang terbaik mutunya dan dapat digunakan dengan baik.


Syarat-syarat Pelaksanaan: (contoh)

1. Seluruh bagian urugan dan timbunan harus dikerjakan secara berlapis, dengan tinggi maksimal setiap lapisan 30 cm sebelum dipadatkan. Lapisan berikutnya boleh dikerjakan jika lapisan di bawahnya sudah dipadatkan dengan benar dan telah disetujui oleh "Pengawas".

2. Daerah urugan atau daerah yang terganggu harus dipadatkan menggunakan alat pemadat atau compactor vibrator yang telah disetujui oleh "Pengawas". Pemadatan dilakukan hingga mencapai kepadatan lapangan tidak kurang dari 95% dari kepadatan maksimum hasil laboratorium.

3. "Kontraktor" harus melakukan penelitian tentang kepadatan maksimum terhadap kadar air optimum minimal satu kali untuk setiap jenis tanah yang ditemui di lapangan. Contoh tanah harus disimpan sebagai bukti dan diberi label berisi nomor contoh, kepadatan kering maksimum, dan kadar air optimumnya. Penelitian ini mengikuti prosedur yang umum digunakan, yaitu ASTM D 1557.

4. Pengeringan atau pengaliran air harus diperhatikan selama pekerjaan tanah agar daerah yang dikerjakan memiliki aliran air yang baik.

5. Jika material urugan mengandung batu-batu, batu-batu besar tidak boleh saling bersarang, dan semua pori-pori harus diisi dengan batu-batu kecil dan tanah yang dipadatkan.

6. Kelebihan material galian harus dibuang oleh "Kontraktor" ke tempat pembuangan yang ditentukan oleh "Pengawas".

7. Jika material galian tidak mencukupi, material tambahan harus didatangkan dari tempat lain tanpa biaya tambahan.


Pengujian Kualitas Pekerjaan: (contoh)

1. "Pengawas" harus diberitahu jika penelitian di lapangan sudah dapat dilaksanakan untuk menentukan kepadatan tanah yang sebenarnya di lapangan.

2. Jika kepadatan di lapangan kurang dari 95% dari kepadatan maksimum, "Kontraktor" harus memadatkan kembali tanah tanpa biaya tambahan sampai mencapai syarat kepadatan minimal 95% dari kepadatan maksimum di laboratorium.

Penelitian kepadatan di lapangan harus mengikuti prosedur ASTM D 1556 atau prosedur lainnya yang disetujui oleh "Pengawas".

Penunjukan laboratorium untuk penelitian ini harus disetujui oleh "Pengawas" dan semua biaya yang timbul untuk ini menjadi tanggung jawab "Kontraktor".

3. Penelitian kepadatan di lapangan dilakukan setiap 300 meter persegi dari daerah yang telah dipadatkan atau dapat ditentukan oleh "Pengawas".

4. Penentuan kepadatan di lapangan dapat menggunakan salah satu dari cara atau prosedur berikut:

- Metode Density of Soil Inplace dengan Metode Cone Pasir.

- Metode Density of Soil Inplace dengan Metode Balon Karet.

- Atau metode lain yang harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari "Pengawas".





Terkait

0 comments

Jasa Desain, Bangun dan Renovasi : rumah, toko, warung, kantor, taman, interior, pagar, kanopi, furniture. Konsep spesial pribadi Anda. Lebih indah, hemat, mudah, ringan, dan aman



Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan