jasa desain ruang dalam dan ruang luar. rumah, bangunan, perabot
+ Jasa Pasang KANOPI PVC Premium + Tukang Kanopi Berpengalaman

Manajemen Pelaksanaan Konstruksi

Kriteria Desain dalam Penyelenggaraan Bangunan

1.5. Manajemen Pelaksanaan Konstruksi

Proyek adalah sekumpulan aktifitas yang saling berhubungan dari awal hingga akhir untuk suatu hasil tertentu. Proyek merupakan aktivitas sementara dari personil, material ataupun sarana untuk mewujudkan sasaran-sasaran dalam kurun waktu tertentu yang kemudian akan berakhir. Seluruh kegiatan yang mendukung pelaksanaan proyek memerlukan suatu manajemen yang biasanya disebut Manajemen Proyek.

Manajemen proyek adalah suatu usaha untuk mengelola dan mengorganisasikan beragam sumber daya selama masa pelaksanaan proyek, dengan tujuan untuk mewujudkan sasaran proyek yang meliputi kualitas, waktu dan biaya sesuai yang telah ditentukan dalam perencanaan. 

Elemen utama dalam manajemen proyek:

Manajer proyek, dengan tugas dan tanggung jawab antara lain:
o Menetapkan dan menjelaskan cara mencapai sasaran, serta menentukan personil yang tepat sesuai kewenangannya
o Menunjukkan kepemimpinan (leadership) serta memberi motivasi kepada seluruh staf
o Melakukan evaluasi atas kemajuan pelaksanaan dan mengambil tindakan yang tepat bila terjadi penyimpangan-penyimpangan
o Bertanggung jawab mengintegrasikan kegiatan dari berbagai fungsi untuk mencapai sasaran yang spesifik.
Tim Proyek, adalah sekelompok orang dari berbagai fungsi organisasi, disiplin ilmu dan keahlian yang dipimpin oleh manajer proyek.Tim akan memilih dan menunjuk sumber daya yang akan digunakan, meliputi: subkontraktor, mandor, dan suplier material, alat dan jasa. Tim akan berperan aktif dalam menjalankan proyek untuk memenuhi target mutu, waktu dan biaya yang telah ditetapkan.
Sistem Manajemen Proyek, yang terdiri dari struktur organisasi dan sistem informasi. Organisasi yang ditetapkan umumnya bersifat fungsional yang berarti struktur organisasi dikelompokan menurut fungsifungsi yang spesifik. Sistem ini juga menyediakan sistem untuk mengintegrasikan perencanaan dengan pengendalian atau kontrol serta akumulasi informasi berupa pelaporan yang berkaitan dengan hasil atau kinerja, biaya, sumber daya yang digunakan, jadwal, dan biaya untuk menyelesaikan proyek.

1.5.1. Organisasi Proyek

Organisasi proyek merupakan sekelompok orang dari berbagai latar belakang ilmu dan keahlian yang terorganisir dan terkoordinasi dalam suatu wadah tertentu yang melaksanakan tugas pelaksanaan proyek dengan cara tertentu.

Gambar Skema struktur organisasi utama

Sumber: Dipohusodo, 1996

Fungsi-fungsi dalam sebuah organisasi proyek konstruksi meliputi:
− Fungsi perencanaan teknis dan keuangan, yang menjalankan fungsi spesifik. Perencanaan rekayasa teknik (engineering) seperti jadwal pelaksanaan, perencanaan bahan, alat dan sub-sub kontraktor, perencanaan metode pelaksanaan, perencanaan mutu dan perencanaan K3. Perencanaan administrasi dan keuangan, meliputi pembuatan cash flow, perencanaan penagihan, sistem akuntansi dan administrasi pengelolaan sumber daya
− Fungsi pelaksanaan atau operasional, yang meliputi kegiatan pelaksanaan konstruksi di lapangan untuk mewujudkan fisik bangunan sesuai perencanaan teknis dan keuangan.
− Fungsi pengendalian atau kontrol, yang meliputi kegiatan membandingkan realisasi pelaksanaan dengan perencanaan dan jika terdapat penyimpangan akan dilakukan analisis penyebabnya dan cara penyelesaiannya.

Bentuk organisasi proyek dapat ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain:
− Besar kecilnya volume dan ruang lingkup pekerjaan
− Besar kecilnya nilai proyek
− Tingkat kompleksitas pelaksanaan proyek
− Waktu pelaksanaan yang tersedia
− Penggunaan teknologi
− lokasi

Gambaran suatu organisasi proyek yang rinci dan banyak digunakan memiliki struktur yang terdiri dari unsur-unsur seperti pada Gambar : 

Manajer teknik, bertugas memimpin unit teknik dan berwewenang mengelola perencanaan teknik dan pengendalian. Pengelolaan perencanaan meliputi kegiatan-kegiatan:
− Metode pelaksanaan
− Gambar kerja
− Jadwal pelaksanaan, jadwal pengadaan bahan, jadwal penyediaan peralatan dan jadwal pemenuhan tenaga kerja
− Perencanaan pengendalian mutu
− Perencanaan arus kas
− Keselamatan dan kesehatan kerja
− Pemilihan sub-kontraktor

Gambar Skema struktur organisasi lengkap pelaksana proyek konstruksi
Sumber: Dipohusodo, 1996


Manajer operasional lapangan
, bertugas memimpin unit pelaksanaan lapangan dengan kewenangan:
− Melaksanakan pekerjaan sesuai perencanaan teknis dan keuangan yang disiapkan oleh unit teknik.
− Mengkoordinasikan kepala pelaksana dalam mengendalikan dan mengontrol pekerjaan para mandor dan sub-kontraktor.
− Mengendalikan dan melatih ketrampilan staf, tukang dan mandor.
− Melakukan penilaian kemampuan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Manajer administrasi lapangan, bertugas memimpin unit administrasi proyek, mengelola keuangan, akuntansi dan pembukuan, urusan umum dan SDM proyek, dengan kewenangan:
− Menyiapkan urusan administrasi penagihan kepada pemilik proyek
− Melakukan pencatatan transaksi
− Melakukan verifikasi seluruh dokumen transaksi pembayaran
− Mengurus masalah perpajakan, asuransi, dll.

1.5.2. Perencanaan Petunjuk Pelaksanaan

Petunjuk pelaksanaan proyek sebagai langkah pertama yang dilakukan adalah suatu kegiatan mempersiapkan bagaimana suatu pekerjaan akan dilaksanakan agar tercapai sasaran dan tujuan yang diinginkan. Perencanaan yang disusun dalam petunjuk pelaksanaan adalah:
Perencanaan biaya atau anggaran proyek yang mengacu pada data yang ada saat tender.
Perencanaan mutu yang harus sesuai dengan persyaratan spesifikasi yang telah ditetapkan dalam kontrak, atau memenuhi standarisasi internasional (contoh: ISO-9000)

Perencanaan jadwal pelaksanaan yang mengacu pada batas waktu sesuai kontrak, disusun dalam bentuk bar-chart yang dilengkapi kurva S. Jadwal pelaksanaan ini adalah jadwal pelaksanaan induk (master schedule) yang mencakup keseluruhan kegiatan pelaksanaan pekerjaan. Berdasarkan jadwal induk dapat dibuat jadwal yang lebih rinci untuk tiap jenis pekerjaan, serta jadwal-jadwal pendukung: jadwal peralatan, jadwal bahan, jadwal tenaga kerja, jadwal arus kas (cash flow).
Perencanaan metode pelaksanaan merupakan penjabaran tata cara dan teknik-teknik pelaksanaan pekerjaan (procedure, work instruction) yang akan menjadi acuan dalam pelaksanaan setiap pekerjaan.
Perencanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berkaitan dengan penyusunan safety plan, pengamanan proyek (security plan), dan pengelolaan ketertiban serta kebersihan proyek (house keeping), dengan target utama tidak ada kecelakaan kerja (zero accident).

1.5.3. Metode Pelaksanaan

Metode pelaksanaan merupakan penjabaran tata cara dan teknikteknik pelaksanaan pekerjaan. Pada dasarnya metode pelaksanaan konstruksi merupakan penerapan konsep rekayasa yang berpijak pada keterkaitan antara persyaratan dalam dokumen pelelangan, keadaan teknis dan ekonomis di lapangan, dan seluruh sumber daya termasuk pengalaman kontraktor. Metode pelaksanaan proyek untuk setiap jenis bangunan berbeda-beda. Garis besar metode pelaksanaan konstruksi bangunan, meliputi:

Metode penataan lapangan, adalah pengaturan tata letak kantor kantor, gudang, bengkel dan pool kendaraan serta peralatan, lahan penimbunan material mentah, lahan untuk pabrikasi, posisi peralatan berat, jalan kerja dan jalan masuk pada lokasi pembangunan.
Metode pekerjaan pengukuran, adalah tahapan pengukuran batas-batas lokasi, pemetaan situasi dan kontur lahan, pengukuran sumbu-sumbu bangunan, dan pemantauan ketepatan dimensi konstruksi baik pada arah datar maupun arah tegak.
Metode pekerjaan tanah, merupakan tahapan pengolahan lahan terbangun (site development), meliputi pekerjaan-pekerjaan pembersihan lokasi, pembongkaran bangunan lama (jika ada), penggalian, perataan, penimbunan, pemadatan, membuat struktur penunjang seperti dinding penahan tanah.
Metode pekerjaan pondasi dan turap, adalah tahapan pekerjaan struktur landasan pendukung beban dari sistem struktur dankonstruksi sebuah bangunan.
Metode pekerjaan struktur (beton, baja atau kayu), merupakan tahapan pekerjaan komponen sistem struktur sebuah bangunan, yaitu kolom, dinding geser, balok dan lantai untuk rangka bangunan, hingga sistem struktur atap bangunan. Tahapan pekerjaan sesuai dengan material struktur yang digunakan, secara umum adalah beton, baja atau kayu.
Metode pekerjaan komponen non struktur, adalah tahapan pekerjaan konstruksi bagian-bagian non struktur pada bangunan, diantaranya: pasangan batu atau bata untuk dinding eksterior dan interior, partisi, plafon, kusen, pintu dan jendela, dll.
Metode pekerjaan finishing, merupakan tahapan akhir konstruksi bangunan. Umumnya berupa pekerjaan pemasangan lapisanlapisan akhir komponen struktur dan konstruksi, antara lain pelapis lantai keramik, lapisan shielding/cladding dinding, pengecatan, dll.
Metode pekerjaan mekanikal, elektrikal dan plambing, merupakan pekerjaan instalasi komponen jaringan dan peralatan sistem utilitas bangunan, diantaranya instalasi perpipaan penyediaan air bersih dan pembuangan air kotor, pengolahan limbah dan sanitasi, instalasi listrik, instalasi sistem pengkondisian udara, instalasi lift, dll.

Pelelangan Proyek Konstruksi



Selengkapnya : Teknik Struktur Bangunan





Terkait

0 comments

Jasa Desain, Bangun dan Renovasi : rumah, toko, warung, kantor, taman, interior, pagar, kanopi, furniture. Konsep spesial pribadi Anda. Lebih indah, hemat, mudah, ringan, dan aman



Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan