jasa desain ruang dalam dan ruang luar. rumah, bangunan, perabot

Kualitas Hasil Pengelasan

 

Kualitas hasil pengelasan ditentukan oleh beberapa faktor antara lain : Teknik Pengelasan, bahan logam yang disambung, pengaruh panas serat jenis kampuh yang tepat.

a). Teknik Pengelasan


Faktor yang mempengaruhi kualitas las pada pengelasan ini adalah posisi mengelas, bentuk kampuh sambungan, kecepatan mengelas, brander las yang dipakai (untuk las gas), ukuran elektrode (las Busur).

b). Bahan logam yang disambung


Logam yang dipanasi sampai keadaan lumer/meleleh, maka pada proses pendinginan kembali akan terjadi perubahan sifat elastisitas logam, jika didinginkan secara perlahan logam akan menjadi kenyal dan jika didinginkan mendadak (dengan cepat) logam akan menjadi getas. Logam yang dipanasi tersebut akan mengalami perubahan komposisi kimia yang terkandung, trutama unsur karbon (C). Logam yang meleleh pada temperatur tinggi akan lebih banyak mengandung gas dari pada logam yang meleleh pada temperatur rendah, dan berakibat logam menjadi keropos. Untuk menghindari keropos tersebut maka sewaktu pengelasan perlu diberi bahan fluks (bahan pelindung). Perlu diketahui pula bahwa logam yang disambung diusahakan mempunyai titik lebur yang sama, sehingga proses penyambungannya menjadi sempurna.

c). Pengaruh Panas


Akibat pengaruh panas terjadi ekspansi dan pemuaian, sehingga menimbulkan tegangan-tegangan skunder yang tidak diinginkan. Pada proses pendinginan logam lasan yang meleleh/cair akan menjalani proses pembekuan. Selama pembekuan akan terjadi reaksi pemisahan (retak), terbentuk lobang halus, serta terbentuknya oksida-oksida. Reaksi pemisahan ada beberapa macam yakni : (a) pemisahan makro, yaitu : terjadinya perubahan pada garis lebur menuju ke garis sumbu las, (b) pemisahan gelombang, yaitu : terputusnya gelombang manik las, dan (c) pemisahan mikro, yaitu : terjadinya perubahan komponen dalam satu pijar atau bagian dari satu pilar.

d). Macam-macam Kampuh Sambungan Las


Pada rancang bangun suatu konstruksi ada berbagai macam bentuk kampuh sambungan las. Dalam uraian ini dibedakan menjadi tiga kelompok kampuh sambungan las yakni : kampuh lurus, kampuh sudut, dan kampuh Te. 


Kampuh sambungan Las bentuk LURUS

 

c. = 0 c. = 2-3 mm c. = 2-3 mm
s. = 1-2 mm s. = 2-6 mm s. = 4-6 mm
c. : jarak logam s. : Tebal logam
(a). I Tertutup (b). I Terbuka (c). I Terbuka Lebar
55º-70º
c. = 0 c. = 2 – 3 mm c. = 2-3 mm
t. = 3 mm t. = 3 mm t. = 3 mm
s. = 6-26 mm s. = 6-26 mm s. = 6-26 mm
t. : Tinggi bidang sentuh
(d). Kampuh Ve (e). Ve – Celah (f). Ve – Tumpul
16
s. = 12-40 mm s. = 12-40 mm s. = 12-40 mm
(g). Kampuh Ka (h). Kampuh Eks (i). Kampuh 2/3 Eks
(j). Kampuh U (k). Kampuh ½ U (l) Kampuh Dobel U
 


(a). Kampuh Sudut Membujur (b). Kampuh Sudut Melintang
(c). Kampuh Sudut Terbuka (d). Kampuh Sudut tertutup
17
(e). Kampuh Kowak (f). Kampuh Lubang

Macam-macam Kampuh Sambungan Sudut

(a). Kampuh Te Tumpul (b). Te ½ - Ve
(c). Kampuh Te – Ka (d). Kampuh Te ½ U
 


Macam-macam kampuh sambungan Te. 


Selengkapnya : PROSEDUR PENGELASAN, PEMATRIAN, PEMOTONGAN DENGAN PANAS DAN PEMANASAN

Jasa Desain, Bangun dan Renovasi : rumah, toko, warung, kantor, taman, interior, pagar, kanopi, furniture. Konsep spesial pribadi Anda. Lebih indah, hemat, mudah, ringan, dan aman



Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan