jasa desain ruang dalam dan ruang luar. rumah, bangunan, perabot
+ Jasa Pasang KANOPI PVC Premium + Tukang Kanopi Berpengalaman

siap HIJRAH dari RIBA

KAMU BISANYA MELARANG ORANG MENJAUHI RIBA. SOLUSINYA MANA...??

Akhir-akhir ini banyak yang tanya japri via FB, WA, BBM, dll tentang RIBA. Rata-rata mereka sedang memiliki masalah, entah mau resign dari bank tapi sulit, atau pengen lepas dari hutang riba tapi ga tahu caranya karena ga punya aset, dll.

Pada akhirnya, pertanyaan yang muncul, kira-kira begini :
"Mbak, punya solusi ga, gimana caranya  bisa nglunasin hutang RIBA?"
atau
"Mbak, ada ga kira-kira orang yang bisa minjemin uang buat nutup hutang riba?"
atau
"Mbak, kalo resign dari bank, trus kerja dimana? masih punya hutang soalnya"

GLEKKK...!!!
(Senyumin ajah...) 

Mbak, Mas, Pak, Bu,, Kalo selama ini kami-kami yang menyuarakan Anti RIBA, bukan berarti kami punya solusi yang konkret, riil, yang bisa "Blekkkk" ngasih uang, kerjaan, dll.

Tapi, yang kami lakukan adalah bagaimana supaya pemikirannya sama, bahwa "RIBA itu SALAH, RIBA itu HARAM, RIBA itu DOSA BESAR".
Sehingga kita bisa sama-sama saling mengingatkan untuk tidak (lagi) terjerumus RIBA, apapun bentuknya.

Tapi,
Ngomong-ngomong soal solusi, sebetulnya Allah lah pemberi solusi terbaik, terjitu..

Allah berfirman :
“Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkannya” (Ath-Thalaq: 2-3)

Firman Allah :
"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Rabb-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepadaNya." (QS Al Baqarah : 45-46)

Tu,, di Alquran saja udah jelas banget, kalo Allah  memberikan kabar gembira, ga akan membiarkan kita kena masalah sendiri, karena Allah sudah MENJAMIN jalan keluarnya.
Masalahnya, tinggal kita mau taat atau enggak? Mau taqwa atau enggak? Mau sabar atau enggak?

(Ahh, teori nya mah gampang. Klo cuman ngomong gitu doank mah bsa.. Ente gembar gembor ngelarang orang utk ambil RIBA tapi ga mau kasih solusinya.. trus gimana nih konkretnya..?? )

Adakah yang nyinyir, 'mbatin', 'ngomyang', 'mbebeki' , seperti itu..??
Adaaaa....!!! Banyaaakkkk.....!!


Gini ya,, tugas manusia itu saling mengingatkan, menyampaikan mana yang benar itu benar, mana yang salah itu salah. Bukan wilayah manusia untuk memberikan  solusi yang pas seperti apa. Karena ga ada dalil yang menyebutkan bahwa : "Sampaikan dan bantu berikan jalan keluar...".
Yang ada adalah "Sampaikan..."
Tapi, jika akhirnya kita bisa membantu, pastilah itu JAUH LEBIH BAIK.. 

Allah berfirman :
_“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah [perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”_ (QS An Nahl: 125)

Tapi, ada beberapa TIPS yang bisa dilakukan supaya lebas dari RIBA :

1. Taubat Nasuha & Banyakin istighfar
     Sesali dosa yang kita lakukan dan jangan pernah mengulangi lagi.

2. Perbaiki Ibadah
     Ibadah wajibnya jangan sampai kelewat (Sholat, puasa, dll). Sholat tepat waktu. Yang laki-laki, biasakan di maasjid. Plusss,, dtambahin tuh, ibadah sunnahnya (sholat rawatib, puasa senin-kamis, sedekah, dll)

3. Membangun hubungan komunikasi (lagi) kepada rekan, teman lama
    Bisa mulai cari friendlist di FB, sapa "hai, apa kabar?" "kegiatannya apa sekaran?", dll. Supaya ada peluang yang bisa kita ambil disana.

4. Perluas Wawasan
     Masuk di komunitas-komunitas bisnis muslim, yang bisa membantu kita mendapatkan relasi/jaringan.

5. Banyak Mengkaji Ilmu
    Ikuti kajian yang ada. Temanya bisa macam-macam. Mulai dari tauhid, akidah, muamalah, dll. Kalo kita udah ngaji, pasti temen-temennya banyak yang sholeh. Jadi Insya Allah, banyak yang ngingetin soal agama. Lagipula, wajib hukumnya tuh, cari tahu hukum-hukum fiqh, supaya kalo kita mau buka usaha, atau apapun, udah bener-bener sesuai syariat alias nggak ngeRIBA dan nggak melakukan transaksi lain yanh dilarang (Gharar, Maysir, dll)

6. Bergaul dengan Teman-teman yang Satu Visi
     Banyak-banyak ketemu, sharing dengan teman-teman yang punya tujuan yang sama : HIJRAH. Supaya bisa saling menguatkan satu sama lain. Hijrah itu gampang, yang susah adalah ISTIQOMAH 

7. Yang Paling Penting : YAKIN sama Allah SWT, kalau Dialah Maha Segalanya.,
Allah SWT adalah Zat Pemberi Rezeki. Dia lah yang menentukan rejeki manusia itu seperti apa. Takaran, jumlah dan keberkahannya. Tugas kita adalah taat dan ikuti perintahNya, jauhi Larangannya.

Deketin Allah terusss.... Pasti apapun yang Dia kehendaki, pasti jadi deh.. KUN FAYAKUUN...!!

So, Udah siap untuk HIJRAH dari RIBA...???

Kalau gak sekarang, kapan lagi..?? Mumpung masih ada umur lhoo...
☺☺

Salam Hijrah...!!!!

Terkait

Jasa Desain, Bangun dan Renovasi : rumah, toko, warung, kantor, taman, interior, pagar, kanopi, furniture. Konsep spesial pribadi Anda. Lebih indah, hemat, mudah, ringan, dan aman



Layanan Jasa Konstruksi dan Pengelasan