.

Renovasi Rumah

 Ketika pada tahun-tahun sebelumnya kita sedang berpikir untuk mendesain rumah kita sedemikian baik, mulai dari desain dasarnya harus dicor dengan semen dengan kekuatan penuh. Diberi batu putih dan kerikil agar kekuatannya maksimal. Selain itu kita juga berpikir untuk membangun tembok rumah kita dengan batu bata kualitas nomer satu agar rumah kita awet dan tidak mudah roboh, belum lagi nanti ada proses menghaluskan sisi tembok dan mengecatnya agar tembok rumah kita terlihat bagus dan baik. Belum nanti kita berpikir untuk atapnya, kita mulai mencari genteng dengan kualitas utama untuk atap kita, susunan kayu penahan genteng pun diberi kayu dengan kualitas yang utama. Pintu dan jendela kita lapisi besi tralis agar tidak bias diterobos oleh orang tertentu yang bermaksud tidak baik dengan rumah kita.

 Kamar mandi kita buat lebih dari satu, agar ketika pagi hari kita tidak dipusingkan dengan antrian dimana kita harus bekerja sedangkan anak kita juga dikejar waktu untuk sekolah. Dapur akan kita setting se bagus dan se aman mungkin, bagian dapur yang berhubungan dengan kompor gas dan juga kompor minyak tanah kita jauhkan dari sisi-sisi rumah kita yang mudah terbakar karena akan berbahaya dengan system keamanan rumah kita. Tempat mencuci piring dan perabotan dibuat tidak jauh dengan system perairan agar tidak mengganggu proses pembuangan air di rumah kita. Begitu juga dengan masalah sepele seperti halnya colokan listrik, kita setting sedemikian rupa agar tidak berbahaya terhadap anak-anak kita dan kita sendiri.

 Semua hal itu kita rencanakan dengan sangat rapi dan sangat sempurna, tapi dimana-mana yang namanya kehidupan di bumi pasti ada yang namanya aus. Pasti ada yang namanya kadaluwarsa. Kalau dalam istilah rumah ada yang namanya kerusakan, dimana tembok kita mulai rapuh, kamar mandi kita sudah mulai bocor, atap kita bocor dimana-mana dan seterusnya.

 Maka saat itulah kita perlu me renovasi rumah kita, karena jika tidak rumah kita akan menjadi buruk dan tidak terawatt. Itulah fungsi dari renovasi rumah, yakni memperbaiki segala sesuatu yang memang perlu dan harus diperbaiki.

By : Dani Camara